Loading...

60 Macam Bakteri yang Menguntungkan Bagi Manusia di Berbagai Bidang

Advertisement
Dalam ekosistem, bakteri berperan penting sebagai pembusuk yang menguraikan bahan-bahan organik dan sisa-sisa organisme menjadi bahan anorganik yang dapat digunakan tumbuhan. Diperkirakan dalam satu gram tanah yang subur, terdapat miliaran bakteri beserta ribuan mikroorganisme lain. Coba kalian bayangkan seandainya sisa-sisa organisme tidak ada yang menguraikan, maka bumi ini akan segera penuh sesak dengan sisa-sisa makhluk hidup.

Peranan Bakteri yang Menguntungkan Bagi Manusia di Berbagai Bidang
Kalian tentunya harus bersyukur atas karunia Tuhan yang telah menciptakan alam ini dengan keseimbangannya yang sempurna. Selain berperan penting dalam ekosistem, bakteri dapat memberi manfaat bagi manusia dan adapula yang merugikan. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang macam-macam bakteri yang menguntungkan bagi kehidupan manusia di berbagai bidang. Silahkan simak penjelasan berikut ini.

#1 Bakteri yang Menguntungkan di Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan terutama dalam dunia medis atau kedokteran, bakteri sering dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan antibiotik. Antibiotik adalah suatu enzim yang dihasilkan oleh mikroorganisme-mikroorganisme yang mampu melakukan proses penghambatan pada pertumbuhan bahkan mematikan mikroorganisme lain yang berada di lingkungan sekitarnya. Berikut ini jenis-jenis bakteri penghasil antibiotik

  Bakteri Bacillus brevis berperan dalam menghasilkan antibiotik terotrisin.
  Bakteri Bacillus colistinus berperan dalam menghasilkan antibiotik colistin.
  Bakteri Bacillus subtilis berperan dalam menghasilkan antibiotik basitrasin.
  Bakteri Bacillus polymixa berperan dalam menghasilka antibiotik polimiksin
  Bakteri Streptomyces aurefaciens berperan dalam menghasilkan antibiotik aureomisin.
  Bakteri Streptomyces venezuelae berperan dalam menghasilkan antibiotik kloramfenikol.
  Bakteri Streptomyces rimosus berperan dalam menghasilkan antibiotik teramisin
  Bakteri Streptomyces griseus berperan dalam menghasilkan antibiotik streptomisin.
  Bakteri Streptomyces griseus berperan dalam menghasilkan antibiotik streptomisin.
  Bakteri Escherichia coli berperan dalam menghasilkan Interferon yang digunakan untuk pengobatan terhadap infeksi virus.

#2 Bakteri yang Menguntungkan di Bidang Produksi Bahan Pangan
Pernahkan kalian makan sambal terasi? Terasi merupakan salah satu produk makanan yang dihasilkan dengan bantuan bakteri. Selain terasi, minuman yoghurt, mentega, nata de coco dan sebagainya juga merupakan produk makanan yang dibuat dengan memanfaatkan bakteri. Berikut ini adalah macam-macam bakteri yang dimanfaatkan dalam bidang produksi bahan pangan.

  Bakteri Lactobacillus sp. Digunakan untuk proses pembuatan asinan buah-buahan dan apabila dicampur dengan ikan atau udang dapat menghasilkan terasi.
  Bakteri Lactobacillus casei berperan dalam memproduksi keju.
  Bakteri Lactobacillus bulgaricus berperan dalam memproduksi Yoghurt atau susu asam.
  Bakteri Lactobacillus acidophilus berperan dalam memproduksi Yoghurt.
  Bakteri Lactobacillus citrovorum dapat memberikan aroma pada mentega dan keju.
  Bakteri Lactobacillus caucasicus berperan dalam pembuatan Yoghurt.
  Bakteri Acetobacter aceti. Dimanfaatkan untuk mengubah air cuka menjadi alkohol dan alkohol menjadi asam cuka.
  Bakteri Acetobacter xylinum berperan dalam pembuatan Nata de coco (kolang-kaling buatan)
  Bakteri Streptococcus lactis berperan dalam pembuatan mentega.
  Bakteri Streptococcus thermophilus berperan dalam pembuatan mentega.
  Bakteri Streptococcus cremoris berperan dalam pembuatan keju dan mentega.
  Bakteri Clostridium bitricum berperan dalam produksi asam butirat.
  Bakteri Propionibactericum acetobutylicum berperan dalam produksi asam propionat.
  Bakteri Thiobacillus thiozidans berperan dalam produksi asam sulfat.
  Spirulina dapat dijadikan sebagai sumber makanan alternatif dikarenakan kandungan proteinnya yang tinggi.

#3 Bakteri yang Menguntungkan di Bidang Pertanian

Dalam bidang pertanian, bakteri dimanfaatkan dalam proses pembuatan pupuk kompos dan juga untuk menyuburkan tanah. Seperti bakteri nitrogen yang mampu mengikat nitrogen bebas di dalam tanah. Bakteri ini menangkap gas nitrogen (N2) yang tidak dapat digunakan secara langsung oleh tumbuhan dari udara dalam tanah.

Kemudian, bakteri nitrifikasi menggabungkan nitrogen dengan hidrogen (H2) untuk menghasilkan amonium (NH4+) yang merupakan nutrisi penting bagi tumbuhan. Berikut ini adah beberapa jenis bakteri yang dimanfaatkan dalam bidang pertanian.

  Bakteri Bacillus thuringensis digunakan sebagai agen pengendali hayati bagi tanaman kubis, kapas, jagung, tembakau dan pemberantasan nyamuk yang merupakan vektor penyakit malaria dan demam berdarah.
  Bakteri Agrobacterium tumefaciens yang dimanfaatkan untuk pembuatan tanaman transgenik baik untuk tujuan resistensi terhadap hama dan penyakit, daya simpan produk, maupun untuk peningkatan nutrisi.
  Bakteri Bacillus cereus berperan dalam mengendalikan laju pertumbuhan hama ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman kubis.
  Bakteri Leuconostoc mesenteroides berperan dalam menghasilkan bakteriosin atau bakterisida.
  Bakteri Enterobacter sp yang berperan dalam menghambat pertumbuhan fungi penyakit bercak daun (Curvularia) pada tanaman mentimun.
  Anabaena yang hidup bersimbiosis dengan tanaman paku air Azolla pinnata mampu mengikat nitrogen bebas dari udara sehingga perairan cukup mengandung senyawa nitrogen yang dapat langsung digunakan oleh tumbuhan lain.

Bakteri Nitrogen
  Bakteri Clostridium pasteurianum yang dapat menyuburkan tanah sehingga kaya akan senyawa organik (N2).
  Bakteri Azetobacter sp. Dapat menyuburkan tanah sehingga kaya akan senyawa N2.
  Bakteri Chlorococcum sp. Dapat menyuburkan tanah sehingga kaya akan senyawa nitrogen.
  Bakteri Rhodospirillum rubrum yang hidup bebas dan dapat mengikat nitrogen.
  Bakteri Rhizobium leguminosarum dapat menyuburkan tanah karena mampu memfiksasi nitrogen dari atmosfer sehingga tanah kaya akan unsur N2. Bakteri ini bersimbiosis dengan membentuk bintil akar pada tanaman anggota Famili Leguminoceae (suku kacang-kacangan).

Bakteri Nitrifikasi
  Bakteri Ntrosomonas sp. dan Nitrosococcus sp. merupakan bakteri nitrat yang mampu mengubah senyawa amonia (NH3) menjadi nitrit (HNO2) dengan persamaan reaksi kimia sebagai berikut.
NH3 + O2 bakteri nitrit  HNO2 + O2
  Bakteri Nitrobacter sp. merupakan bakteri nitrat yang mempu mengubah senyawa nitrit (HNO2) menjadi nitrat (HNO3) dengan persamaan reaksi kimia sebagai berikut.
HNO2 + Obakteri nitrat  HNO3

#4 Bakteri yang Menguntungkan di Bidang Industri
Selain digunakan dalam bidang kesehatan dan pertanian, bakteri juga dimanfaatkan untuk keperluan produksi dalam bidang industri baik berupa produk makanan, kecantikan maupun kesehatan. Berikut ini adalah contoh bakteri yang dimanfaatkan dalam bidang industri.

  Bakteri Bacillus polymyxa dan Enterobacter aerogenes menghasilkan buthanedhiol atau pelembab intermediat kimia.
  Bakteri Bacillus subtillis menghasilkan amilase bakteri atau bahan yang dapat memodifikasi pati, merekatkan kertas, dan melepaskan perekat pada tekstil. Selain itu, bakteri ini juga mampu menghasilkan protase bakteri sebagai bahan yang bermanfaat untuk memperhalus struktur kulit binatang, penghilang noda, melepaskan serat, dan pengempuk daging.
  Bakteri Clostridium asetobutylicum menghasilkan aseton-butanol atau zat pelarut dalam pembuatan bahan kimia.
  Bakteri Corynobacterium glutamicum menghasilkan asam glutamat yang dimanfaatkan sebagai bahan penyedap rasa.
  Bakteri Gluconobacter suboxydans menghasilkan dihidroksiaseton atau bahan Kimia halus.
  Bakteri Escherichia coli menghasilkan zat warna indigo sehingga dimanfaatkan sebagai pewarna tekstil.
  Bakteri Gluconobacter suboxydans menghasilkan asam 5-ketoglukonat sebagai intermediet asam tartat. Selain itu, bakteri ini juga menghasilkan Sarbose yang berperan dalam pembuatan asam askorbat.
  Bakteri Lactobacillus delbrueckii menghasilkan asam Laktat yang bermanfaat dalam produk pangan, tekstil, menghilangkan kapur dari kulit binatang, dan pembuatan bahan kimia.
  Bakteri Leuconostoc mesenteroides menghasilkan dekstran atau stabilisator dalam produk pangan, pengganti plasma darah.
  Bakteri Pseudomonas sp. menghasilkan asam-2 ketoglekunat sebagai Intermediet untuk asam D-araboaskorbat dan sebagai penggumpal makanan.
  Bakteri Proionbacterium shermanii dapat menghasilkan cynocobalamin atau vitamin B12 sehingga sering dimanfaatkan sebagai makanan tambahan (food suplement).
  Bakteri Streptomycesalivaceus, Propionibacterium, dan Freudenreichii menghasilkan Kobalamin atau bahan pelengkap makanan, pengobatan anemia pernisiosa, dan makanan ternak.
  Bakteri Xanthomonas campestris digunakan untuk menghasilkan produk Xanthan gum sebagai bahan penggumpal makanan, cat dan kosmetik.

#5 Bakteri yang Menguntungkan di Bidang Energi
Dalam bidang energi, bakteri sering dimanfaatkan sebagai katalisator produksi biogas. Bakteri-bakteri semacam ini biasanya bersifat anaerob. Contohnya antara lain Methanobacterium, Methanococcus, Methanobacillus, dan Methanosarcina yang digunakan untuk mengubah sampah dan kotoran menjadi biogas yang terutama terdiri atas gas metana. Gas metanan ini dapat digunakan sebagai bahan bakar dan penerangan.

#6 Bakteri yang Menguntungkan di Kebersihan Lingkungan
Beberapa bakteri heterotrofik menggunakan energi dengan memecah molekul organik yang kompleks (molekul yang mengandung karbon). Manusia telah mampu memproduksi berbagai bahan berguna, namun dapat berbahaya pula bagi lingkungan, misalnya detergen dan larutan beracun benzen. Bakteri dapat mendegradasi bahan-bahan berbahaya ini. Istilah biodegradable (artinya dapat dipecah atau diuraikan oleh makhluk hidup) menunjukkan hasil kerja dari bakteri pengurai bahan-bahan tersebut. Penggunaan agen hayati sebagai pengurai limbah disebut bioremediasi.

Demikianlah artikel tentang peranan bakteri yang menguntungkan bagi kehidupan manusia di bidang produksi bahan pangan, kesehatan, pertanian, industri, energi dan kebersihan lingkungan lengkap beserta contohnya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. apabila terdapat kesalahan dalam penulisan huruf, kata atau kalimat mohon dimaklumi. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru