Loading...

Gambar dan Tahapan Reproduksi Bakteri dengan Transduksi

Advertisement
Pada umumnya, bakteri melakukan proses reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner. Pada kondisi yang menguntungkan, bakteri membelah dengan sangat cepat, yaitu antara 15  20 menit. Sehingga dalam waktu satu hari saja, jumlah bakteri menjadi jutaan. Selain dengan pembelahan biner, bakteri juga dapat berkembangbiak secara seksual yang berbeda dengan perkembangbiakan yang terjadi pada organisme eukariotik.

Ada yang menyebutnya paraseksual, yaitu bukan merupakan peleburan gamet jantan dan gamet betina melainkan berupa pertukaran materi genetik yang disebut dengan rekombinasi gen. DNA yang terbentuk hasil rekombinasi kedua gen tersebut dinamakan gen rekombinan. Pada bakteri, proses rekombinasi genetik ini dibedakan menjadi tiga, yaitu transformasi, transduksi dan konjugasi.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang reproduksi bakteri secara transduksi. Lalu tahukah kalian apa yang dimaksud dengan transduksi? Seperti apa proses dan tahapannya? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan kalian simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Pengertian Transduksi
Transduksi adalah proses dimana DNA dipindahkan dari satu bakteri ke bakteri lain melalui perantara virus. Virus yang dimaksud di sini adalahBacteriophage atau virus pemakan bakteri. Dengan demikian, bakteriofag berperan sebagai vektor DNA sehingga tidak salah kalau virus ini mendapat julukan Agent of Heredity atau agen pembawa sifat keturunan. Untuk memahami macam-macam julukan virus, baca artikel tentang 10 macam julukan virus yang perlu kamu ketahui.

Transduksi tidak memerlukan kontak fisik antara sel yang menyumbangkan (donor) DNA dengan yang menerima (resipien) DNA seperti yang terjadi pada proses reproduksi bakteri secara konjugasi. Transduksi pertama kali dijelaskan oleh Joshua Lederberg dan Norton Zinder pada tahun 1952. Dalam bidang teknologi, terutama dunia medis, transduksi memiliki arti yang sangat penting karena dapat menjelaskan suatu mekanisme kenapa obat antibiotik menjadi tidak efektif karena transfer gen resistensi (kekebalan) antibiotik antar bakteri.

Gambar dan Tahapan Transduksi pada Bakteri

Tahapan reproduksi bakteri secara transduksi ini, berkaitan erat dengan proses litik dan lisogenik pada replikasi virus. Untuk itu jika kalian belum paham mengenai proses replikasi virus, silahkan baca artikel tentang Cara Reproduksi Virus Dengan Siklus Litik dan Lisogenik Beserta Gambar dan Penjelasannya. Berikut ini adalah gambar tahapan reproduksi bakteri secara transduksi beserta penjelasannya.

Gambar dan Tahapan Reproduksi Bakteri dengan Transduksi beserta penjelasannya

Pada tahap 1 (memulai siklus litik), bakteriofage menempel pada permukaan dinding sel bakteri. Tempat penempelan virus terletak pada bagian yang mengandung protein tertentu yang dapat dikenali oleh reseptor virus. Menempelnya virus pada dinding sel disebabkan oleh adanya reseptor pada ujung serabut ekor virus. Kemudian bakteriofag melakukan injeksi bahan genetik (DNA) ke dalam sel bakteri.

Pada tahap 2, setelah DNA bakteriofag masuk ke dalam sel bakteri, DNA virus mengambil alih kendali DNA bakteri sehingga DNA virus mampu mengendalikan segala proses di dalam sel bakteri. Setelah berhasil mengendalikan aktivitas sel bakteri, selanjutnya virus akan menggunakan DNA bakteri untuk menduplikasi DNAnya sendiri. Pada tahap ini, kromosom bakteri terdegradasi menjadi potongan-potongan (fragmen) DNA yang berukuran kecil.

Pada tahap 3, setelah DNA virus berhasil diduplikasi, selanjutnya virus akan menggunakan sistem metabolisme sel inang untuk menghasilkan komponen-komponen virus, seperti kapsid, ekor, serabut ekor dan kepala. Dan setelah semuanya terbentuk, maka masing-masing komponen diduplikasi sebanyak-banyaknya.

Pada tahap 4, kapsid virus yang masih terpisah-pisah antara kepala, ekor dan serabut ekor akan mengalami proses perakitan menjadi kapsid yang utuh. Kemudian, kepala yang sudah selesai terbentuk, diisi dengan DNA virus. Nah pada tahap ini, kadangkala sebagian kecil dari DNA bakteri yang terdegradasi menggantikan DNA virus sehingga kapsid bakteriofag akan mengandung DNA bakteri. Selanjutnya sel bakteri mengalami lisis dan semua virus keluar dari sel.

Pada tahap 5, bakteriofag yang mengandung DNA bakteri menginfeksi sel bakteri lain. Bakteriofag mulai menempel lagi pada dinding sel bakteri kemudian menginjeksi materi genetik dalam hal ini DNA bakteri ke dalam sel bakteri itu sendiri.

Pada tahap 6 (memasuki siklus lisogenik), di dalam sel bakteri, virus memasuki mode profage dimana materi genetik virus (DNA bakteri pertama) berintegrasi atau bergabung dengan kromosom sel bakteri kedua. Kromosom sel ini sekarang memiliki kombinasi DNA yang berasal dari dua sel sehingga rekombinasi genetik telah terjadi. Sampai tahap ini, proses transduksi telah berhasil dilakukan. Dan Jenis transduksi ini disebut dengan transduksi umum karena gen-gen bakteri ditransfer secara acak.

Mekanisme transduksi pada bakteri ada dua macam, yaitu transduksi umum dan transduksi khusus. Untuk jenis transduksi khusus, ketika profage yang telah bergabung dengan kromosom bakteri kedua dipisahkan dari kromosom tersebut, profage ini membawa sebagian kecil dari DNA bakteri kedua. Apabila profage telah berhasil menjadi virus yang utuh, keluar dari sel bakteri kedua dan menginfeksi sel bakteri ketiga, gen-gen bakteri kedua ikut terinjeksi bersama dengan materi genetik virus tersebut.

Proses transfer materi genetik dari bakteri kedua ke sel bakteri ketiga ini dinamakan dengan transduksi khusus karena hanya menstransfer gen-gen tertentu saja yaitu gen-gen yang berada di dekat tempat profage berintegrasi pada kromosom bakteri kedua.

Referensi:

Demikianlah artikel tentang gambar, tahapan, dan jenis-jenis transduksi pada reproduksi bakteri beserta penjelasannya lengkap. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru